apa yang dimaksud Google Webmaster Tools & manfaat Fungsinya

apa yang dimaksud Google Webmaster Tools & manfaat Fungsinya

apa yg dimaksud Google Webmaster Tools & manfaat Fungsinya !!!

apa yang dimaksud Google Webmaster Tools & manfaat Fungsinya

Simak apa yg dimaksud Google Webmaster Tools & manfaat Fungsinya

Google Webmaster Tools adalah layanan gratis yg membantu Kamu mengevaluasi dan mempertahankan kinerja situs web Kamu dalam hasil pencarian (1). Ditawarkan sebagai layanan gratis kepada siapa pun yg memiliki situs web, Google Webmaster Tools (Google Webmaster Tools) adalah saluran informasi dari mesin pencari terbesar di dunia kepada Kamu, menawarkan wawasan tentang bagaimana ia melihat situs web Kamu dan membantu Kamu mengungkap masalah yg perlu diperbaiki .

Kamu tidak perlu menggunakan Google Webmaster Tools agar situs web Kamu muncul di hasil pencarian, tetapi itu dapat menawarkan Kamu informasi berharga yg dapat membantu upaya pemasaran Kamu.

Bagaimana Google Webmaster Tools dapat membantu memantau kinerja situs web Kamu

1. Ini memverifikasi bahwa Google dapat mengakses konten di situs web Kamu.
2. Google Webmaster Tools memungkinkan untuk mengirim halaman dan posting baru ke Google untuk menjelajah dan menghapus konten yg tidak ingin ditemukan oleh pengguna mesin pencari.
3. Ini membantu Kamu menyampaikan dan mengevaluasi konten yg menawarkan pengalaman yg lebih visual kepada pengguna.
4. Kamu dapat memelihara situs web Kamu tanpa mengganggu keberadaannya di hasil pencarian.
5. Ini memungkinkan Kamu untuk menemukan dan menghilangkan masalah malware atau spam yg mungkin tidak mudah ditemukan melalui cara lain.

Bagaimana Google Webmaster Tools membantu Kamu memahami bagaimana pencarian Google melihat situs web Kamu

1. Ini memberi tahu Kamu pertanyaan paling populer yg menyebabkan situs web Kamu muncul di hasil pencarian.
2. Ini memberitahu Kamu pertanyaan mana yg paling mengarahkan lalu lintas.
3. Kamu dapat melihat situs web mana yg terhubung ke situs Kamu.
4. Kamu dapat mengevaluasi seberapa baik kinerja situs web seluler Kamu untuk orang yg mencari di tablet dan ponsel.

Cara mengatur Google Webmaster Tools

Sebelum mengakses data apa pun, Kamu harus memverifikasi bahwa Kamu adalah pemilik, atau perwakilan resmi dari situs web. Ada lima cara Kamu dapat memverifikasi situs web Kamu. Satu tidak benar-benar lebih baik daripada yg lain, sehingga Kamu dapat memilih opsi mana yg paling mudah bagi Kamu (2).

  • Mengunggah file HTML

  • Google memberi Kamu file dengan nama tertentu yg harus Kamu unggah ke direktori root situs web Kamu. File itu sendiri kosong. Satu-satunya tujuan adalah untuk membantu membuktikan bahwa Kamu memiliki akses ke server FTP situs web dan dapat menjatuhkan file ke mana mereka harus pergi. Setelah file masuk ke direktori root, cukup klik tombol “verifikasi” di Google Webmaster Tools, dan Kamu akan memiliki akses ke data.
  • Menambahkan tag HTML

  • Kamu juga dapat memverifikasi situs web dengan menambahkan tag meta yg disediakan oleh Google yg dapat Kamu masukkan ke dalam header berKamuKamu. Setelah ini diberlakukan, klik tombol “verifikasi” untuk melihat data. Penting untuk dicatat bahwa kadang-kadang kode berKamu bisa jadi sulit ditemukan dengan tema sistem manajemen konten (CMS) tertentu, khususnya WordPress. Mungkin juga bahwa kode Kamu mungkin hilang ketika Kamu memperbarui berKamuKamu, mencabut akses Kamu ke data Google Webmaster Tools sampai tag diganti.
  •  
  • Pilih penyedia domain Kamu

  • Google memberi Kamu opsi untuk memilih penyedia nama domain Kamu dalam daftar drop-down. Klik penyedia Kamu, dan Google akan memandu Kamu melalui langkah-langkah memverifikasi situs web Kamu.
  • Gunakan Google Analytics

  • Sebagai administrator akun Google Analytics situs web Kamu, Kamu dapat memverifikasi situs web menggunakan kode pelacakan tidak sinkron yg ditempatkan di bagian depan berKamuKamu.
  • Menggunakan Google Pengelola Tag

  • ini adalah alat yg memungkinkan Kamu untuk masuk dan mengelola semua tag pelacakan untuk situs web Kamu, termasuk Google Webmaster Tools.

Setelah akun Kamu diatur dan situs web Kamu diverifikasi, Kamu akan memiliki akses ke banyak data yg dapat ditindaklanjuti yg dapat membantu Kamu mengoptimalkan situs web Kamu. Kamu dapat menerima peringatan dari Google, menyesuaikan pengaturan untuk mengirimkan informasi spesifik ke kotak masuk Kamu, mengirimkan peta situs XML dan melihat permintaan pengguna tempat situs web Kamu muncul dalam pencarian. Pelajari dasar-dasar penggunaan Google Webmaster Tools, dan Kamu akan memiliki sumber daya yg hebat untuk dijadikan dasar keputusan pemasaran Kamu di masa depan.

1. ” Apa itu Alat Webmaster Google?
2. ” Alat Webmaster Google: Tinjauan

3.”Lihat Artikel SEO Lainya Disini

Panduan Pemula untuk Google Webmaster Tools

apa yang dimaksud Google Webmaster Tools & manfaat Fungsinya

Apakah Kamu mencari peringkat mesin pencari yg lebih baik?

Tentu saja, Kamu dapat menggunakan cara Kamu untuk sukses di Google. Tapi itu datang dengan beberapa kerugian serius — yaitu, itu mahal dan lalu lintas menguap segera setelah Kamu berhenti belanja.

Sebaliknya, jika Kamu kekurangan dana, fokuskan upaya Kamu pada lalu lintas mesin pencari organik melalui SEO, atau optimisasi mesin pencari.

Untungnya, Google telah memberi kami alat sederhana untuk memahami bagaimana ia melihat situs Kamu, masalah apa yg mungkin mempengaruhi lalu lintas Kamu, dan bagaimana Kamu dapat meningkatkan situs untuk peringkat dan hasil yg lebih baik.

Alat itu dikenal sebagai Google Webmaster Tools .

Alat ini telah ada selama beberapa waktu, dan dulu dikenal sebagai Google Webmaster Tools, dan Google Webmaster Central sebelum itu.

Pada 2015, Google mengganti namanya menjadi Google Webmaster Tools — jadi jika Kamu melihat istilah yg berbeda, jangan khawatir. Mereka semua nama yg berbeda untuk hal yg sama.

yg hebat tentang Google Webmaster Tools, atau GSC, adalah gratis. Dan itu dibuat oleh Google sendiri, jadi sarannya datang langsung dari sumbernya.

Inilah cara Kamu dapat menggunakan GSC untuk memaksimalkan hasil SEO Kamu.

Menambahkan situs web Kamu

Untuk memulai, Kamu perlu mengatur akun gratis dengan GSC. Maka Kamu harus memverifikasi bahwa Kamu benar-benar memiliki situs yg akan dianalisis.

(Saygnya, tidak ada cara untuk memeriksa situs pesaing Kamu dengan alat ini. Kamu harus membuktikan kepemilikan untuk memeriksa situs.)

Mulailah dengan mengeklik tombol “tambah properti” pada dropdown kiri.

Dari sana, cukup masukkan nama situs Kamu. Ingat bahwa ini adalah entri yg ketat, artinya http: dan https: dihitung sebagai situs yg berbeda.

Selanjutnya, Kamu harus memverifikasi bahwa Kamu memiliki situs tersebut. Google menyediakan beberapa cara berbeda untuk melakukan ini.

Metode yg disarankan adalah menambahkan file HTML ke server Kamu. Tetapi Kamu juga dapat menambahkan tag meta, mengedit pengaturan DNS Kamu, atau menghubungkan ke akun Google Analytics atau Google Pengelola Tag Kamu.

Dasbor

Setelah situs Kamu diverifikasi, Kamu akan mulai melihat data di situs web Kamu. Kadang-kadang bisa memakan waktu beberapa jam sebelum Kamu melihat data apa pun, tetapi itu akan mulai bergulir.

Setelah melakukannya, Kamu dapat menggunakan beberapa alat berbeda untuk menjelajahi apa yg Google lihat — ikhtisar, kinerja, dan pemeriksaan URL.

Tinjauan umum memberi Kamu gambaran umum kasar segala sesuatu mulai dari kata kunci apa yg Kamu peringkat untuk berapa banyak lalu lintas yg Kamu peroleh.

Selain itu, Kamu akan melihat apakah bot Google mengalami kesalahan perayapan saat mengunjungi situs web Kamu, jumlah situs yg terhubung dengan Kamu, dan berapa banyak halaman yg telah diindeks oleh Google.

Dengan Kinerja, Kamu dapat melihat rincian kinerja situs Kamu yg lebih terperinci di Google.

Dan dengan inspeksi URL, Kamu dapat menjelajahi URL tunggal apa pun. Cukup ketik di bilah pencarian di bagian atas layar, dan Kamu akan disajikan dengan laporan cepat tentang bagaimana Google melihat URL, seperti ini.

Indeks situs

Sama seperti yg lainnya, Google tidak sempurna. Jadi mengonfigurasi situs Kamu dapat membantu mereka melakukan pekerjaan yg lebih baik dalam menentukan peringkat situs web Kamu.

Saat mengkonfigurasi ada beberapa area yg harus Kamu ketahui.

Cakupan

Akan ada beberapa halaman di situs web Kamu yg Kamu tidak ingin Google indeks. Ini bisa berupa area masuk pribadi, umpan RSS, atau data penting yg Kamu tidak ingin orang akses.

Pada tab cakupan Kamu dapat melihat laporan dasar halaman di situs Kamu.

Itu dipecah menjadi beberapa kategori — halaman dengan kesalahan, valid dengan peringatan, valid, dan dikecualikan. Kamu harus mencoba memiliki nol halaman dengan kesalahan atau peringatan.

Jumlah halaman yg valid dan dikecualikan tergantung pada apa yg Kamu ingin indeks Google, dan apa yg ingin Kamu jaga tetap pribadi.

Dengan membuat file robots.txt Kamu dapat memblokir tidak hanya Google, tetapi semua mesin pencari mengakses halaman web yg tidak Kamu inginkan.

Namun, untuk area yg sangat sensitif pada situs web Kamu, Kamu mungkin ingin mempertimbangkan kata sandi yg melindungi semua direktori yg relevan.

Melalui generator dan tester robots.txt, Kamu tidak hanya akan dapat membuat file robots.txt, tetapi Kamu juga dapat melihat apakah itu dilakukan dengan benar sebelum Kamu mengunggahnya ke server Kamu.

Ini generator sederhana dari SEOBook.

Ini bijaksana untuk dilakukan karena hal terakhir yg ingin Kamu lakukan adalah membuat kesalahan dan memberitahu mereka untuk tidak mengindeks seluruh situs web Kamu.

Dan jika Kamu secara tidak sengaja mengacaukan dan menemukan halaman pengindeksan Google yg tidak Kamu inginkan untuk diindeks, Kamu dapat meminta mereka untuk menghapusnya melalui bagian ini.

Peta Situs

Selanjutnya adalah peta situs. Ini pada dasarnya adalah “daftar isi” untuk situs Kamu yg dapat membantu Google menemukan setiap halaman di situs Kamu dan memahami hierarki-nya.

Mengirimkan peta situs akan membantu Google menentukan halaman apa yg Kamu miliki di situs web Kamu sehingga mereka dapat mengindeksnya.

Jika Kamu tidak mengirimkan sitemap, mereka mungkin tidak mengindeks semua halaman di situs web Kamu, yg berarti Kamu tidak akan mendapatkan banyak lalu lintas.

Peta Situs harus dikirimkan dalam format XML dan tidak dapat memuat lebih dari 50.000 URL atau lebih besar dari 10 MB.

Jika Kamu melebihi salah satu dari batasan itu, Kamu perlu membagi peta situs Kamu menjadi beberapa file dan kemudian mengirimkannya.

Jika Kamu tidak teknis, Kamu dapat pergi ke XML Sitemaps untuk membuat peta situs. yg harus Kamu lakukan adalah memasukkan URL situs Kamu dan klik “mulai”.

Setelah peta situs Kamu diunggah, Google akan memberi tahu Kamu berapa banyak URL Kamu yg diindeks. Jangan khawatir, biasanya mereka tidak mengindeks semua halaman web Kamu.

Tetapi tujuan Kamu tetap harus mendapatkan sebanyak mungkin halaman yg diindeks.

Biasanya jika halaman tidak diindeks itu karena konten pada halaman tersebut tidak unik, tag judul dan deskripsi meta adalah generik, dan tidak cukup banyak situs web yg menautkan ke halaman internal Kamu.

Perangkat tambahan

Saat ini, satu-satunya opsi di bawah “Peningkatan” adalah “Kegunaan Mobile.”

Idealnya, Kamu ingin setiap halaman di situs Kamu berfungsi di ponsel dengan nol kesalahan.

Lain

Ada beberapa opsi lagi di bagian bawah menu bar. Mari selami yg berikutnya.

Tindakan manual

yg pertama adalah tindakan manual, kategori yg agak membingungkan. Menurut tim dukungan Google sendiri , itu pada dasarnya hanya berarti “ditKamui sebagai spam oleh manusia.”

Dengan kata-kata mereka sendiri:

“Algoritme Google dapat mendeteksi sebagian besar spam dan menurunkannya secara otomatis; untuk selebihnya, kami menggunakan peninjau manusia untuk meninjau halaman secara manual dan membenderainya jika melanggar pedoman. ”

Jadi, jika situs Kamu terlihat seperti spam, Kamu akan mendapat notifikasi di sini.

Satu-satunya hal yg harus Kamu lihat di halaman ini adalah pemberitahuan “Tidak ada masalah yg terdeteksi” – hal lain berarti Kamu telah melakukan kesalahan, dan Kamu harus segera memperbaikinya.

Tautan

Laporan tautan memberikan banyak data tentang ke mana situs Kamu menerima tautan, apa yg dikatakan tautan itu, dan ke mana tautannya.

Ini dipecah menjadi dua kategori utama – tautan internal dan eksternal.

Tautan internal berasal dari dalam situs Kamu, yg merupakan cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak cinta Google.

Ketika Kamu menautkan ke halaman dari halaman lain, ini memberi tahu Google bahwa halaman itu penting untuk situs Kamu. Misalnya, saya menautkan ke alat SEO saya di bagian bawah setiap halaman bemyval.com .

Karena setiap halaman menautkan ke alat-alat itu, Google menyadari bahwa itu penting dan lebih mungkin untuk memeringkatnya dalam hasil pencarian.

Jika Kamu tidak menautkan ke halaman internal Kamu, mereka tidak akan mendapatkan PageRank sebanyak dan mereka tidak akan menempatkan juga di daftar pencarian.

Kategori kedua adalah tautan eksternal. Ini adalah tautan ke situs web Kamu dari situs lain.

Seperti yg dapat Kamu baygkan, ini lebih sulit didapat tetapi jauh lebih berharga. Faktanya, tautan eksternal ini — juga dikenal sebagai tautan balik — sering dianggap sebagai faktor peringkat teratas yg digunakan Google.

Cara terbaik untuk meningkatkan peringkat Kamu di Google adalah dengan mendapatkan lebih banyak situs untuk ditautkan kepada Kamu.

Ini kadang-kadang bisa terjadi hanya dengan memposting konten yg hebat, tetapi biasanya ide yg baik untuk mempromosikannya kepada orang lain di industri Kamu sehingga mereka mengetahuinya.

Apa pun itu, Kamu dapat melihat profil tautan lengkap di sini dan bekerja di area yg lemah untuk mendapatkan penempatan hasil pencarian yg lebih baik di masa mendatang.

Kesimpulan

Jika Kamu ingin mengembangkan jangkauan SEO Kamu dan mulai melakukan yg lebih baik di Google, Kamu harus bermain sesuai aturan mereka.

Dan jika Kamu akan melakukan itu, cara terbaik adalah mengikuti saran mereka. Mulailah memperhatikan rekomendasi Google dan membuat situs Kamu sesuai dengan persyaratan dan harapan mereka.

Cara paling sederhana adalah dengan Google Webmaster Tools gratis. Hanya dalam beberapa menit, Kamu dapat mulai memahami situs web Kamu dari sudut pKamung Google.

Bagaimana Kamu meningkatkan situs Kamu dengan Google Webmaster Tools?

error: Content is protected !!